isi blog

chados sangkek. Diberdayakan oleh Blogger.

Lencana Facebook

Sekilas tentang Teminabuan

Diposting oleh CHADOS-SANGKEK On 02.53.00

Sekilas tentang Teminabuan

Teminabuan adalah kota kecil yang menjadi ibukota Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat. Teminabuan memang tidak seterkenal ibukota kabupaten lain di Papua Barat seperti Sorong, Manokwari, Bintuni, maupun Fak Fak. Namun ternyata kota kecil ini banyak menyimpan keindahan dan keunikan tersendiri yang tidak kalah dibandingkan dengan ibukota kabupaten lainnya di tanah papua. Apa saja itu? Ayo kita intip satu- satu.
Jalan Menuju Teminabuan
 Untuk menuju ke Teminabuan (selanjutnya disingkat menjadi Temi ) ada 3 opsi, yaitu lewat darat, laut dan udara dari Kota Sorong.  Melalui jalan darat bisa menghabiskan waktu 4-6 jam menggunakan mobil Strada dari terminal di sorong. Biaya yang dikeluarkan 250 ribu kalau duduk di dalam mobil dan 150 ribu kalau duduk diluar ( istilahnya : ding-dong ). Selain murah, ber ding-dong ria memang lebih menantang dan mengasikkan, tp jeleknya kalau hujan kehujanan panas kepanasan,badan  terguncang guncang karena jalan yang offroad, belum lagi kepala tidak aman dari pohon2 yang melintang. Bisa2 sampai di Temi udah jadi peyek, tp hey its fun!
Opsi 2 bisa menggunakan pesawat perintis dr bandara DEO Sorong, ongkosnya hanya 100ribuan, waktu singkat, tp resiko tinggi dari segi keamanan,  jadwal tidak menentu, delay bahkan tidak jadi terbang serta  bagasi yang sangat sangat terbatas.  Opsi terakhir lewat laut namun tidak disarankan karena lama (banget) , kecuali bawa barang besar. Hehe..
Sungai Taputar
 Ohya Ditengah perjalanan darat,  jangan lupa untuk mampir disuatu tempat bernama sungai Taputar, kira kira terletak di pertengahan jalan menuju Teminabuan, antara kab Maybrat dan Sorsel. Sesuai namanya ditempat ini terdapat sungai buntu besar yang berputar dan menghisap kedalam. Apa saja yang masuk bisa menghilang tanpa jejak. Mungkin masuk kedalam aliran sungai bawah tanah kali ya.?. Sangat disarankan untuk tidak berenang.
Setelah berjuang dijalan, akhirnya sampai juga di Temi, Kota kecil yang ramah dan tenang. Tidak perlu bingung mencari penginapan disini karena memang penginapan tidak banyak. Jadi dr mobil langsung minta antar ke penginapan atau pakai ojek (yang helm kuning). Jangan sungkan untuk berbaur dengan masyarakat sekitar, mereka ramah2 kok. Selain masyarakat pribumi papua, disini juga banyak pendatang dari berbagai daerah di indonesia terutama dari jawa dan sulsel.
Salah satu sudut Teminabuan (Menuju panta kapal)
 Objek apa saja yang bisa di nikmati di Temi dan Sekitarnya?
1. Sungai Kohoin
Teminabuan dibelah oleh sebuah sungai yang bernama Sungai Kohoin.  Sebuah sungai yang cukup deras dengan warna bening kehijau2an. Sungai ini dibeberapa tempat mengalamai pelebaran membentuk seperti kolam besar. Kolam2 itu antara lain adalah Panta Kapal, dan Kali Gadis. Mengenai sungai kohoin akan saya bahas lebih jauh d pstostingan berikutnya.
Sungai Kohoin – Panta Kapal
 2. Air terjun Kohoin
Sungai Kohoin ini bermuara sebagai air terjun Kohoin ditengah hiruk pikuknya suasana pasar tradisional di Teminabuan. Ya, Air terjun ini memang terletak dibelakang pasar Temi (pasar Ampera). Setelah berbelanja di pasar ampera anda bisa mampir sebentar menikmati air terjun Kohoin dan suara desiran air yang bertabrakan dengan bebatuan..
Air terjun Kohoin
Air terjun Kohoin (saat pasang)
3. Kali Sembra
Kali sembra memang tidak terletak ditengah kota (tepatnya di distrik srer) , untuk menuju kesana anda bisa menggunakan ojek helm kuning. Lama perjalanan kira2 10 menit dan ongkos sekitar 10-20 ribu, tergantung kepandaian tawar menawar.  Kali sembra dikelilingi pohon2 tropis yang tenang dan rimbun, dengan air yang sangat jernih, namun cukup dalam.
Kali Sembra

4. Beberapa tempat menarik lain di Temi
Masih ada lagi beberapa tempat yang cukup menarik untuk dilihat di Teminabuan antaralain pelabuhan teminabuan, Monumen Trikora, rumah perahu sorong selatan, memancing di Konda. Dan bila anda berminat, anda bisa mengunjungi  daerah perkantoran Sorsel di Keyen, kira2 30 menit perjalanan menggunakan ojek.
Pelabuhan Teminabuan
Itulah dia sekilas informasi mengenai Teminabuan, semoga bermanfaat.

Category : | Read More......

0 Response to "Sekilas tentang Teminabuan"

Posting Komentar

KO TITIP PESAN DI SINI

kawanku Terima kasih telah mengunjungi alamat apa kabar papua!

Lencana Facebook

Followers

Blog Archive

Blog Archive

Category

Lencana Facebook

Cs utbir

APA PILIHAMU TENGTAN BLOG INI

flagcounter

free counters

Cari Blog Ini

coba

Calendar




SMS GRATIS

Download

hit counter

Total Tayangan